Tutorial membuat modelling karakter untuk animasi berkaki dua
Pada tugas softskill kali ini saya akan mencoba share tentang langkah membuat modelling karakter untuk animasi berkaki dua. Program yang saya gunakan adalah blender 2.60. Langsung saja nih ikuti langkah berikut ini
1.tekan shift+A mesh dan pilih UV SPHARE.Contohnya bisa lihat seperti dibawah ini
2.Selanjutnya adalah tekan TAB atau pilih edit mode dan pilih wireframe atau bisa tekan z dan potong bagian tengahnya dengan cara klick B lalu seleksi kebagian tengah hingga kebawah lalu ketik X lalu pilih face dan delete,contohnya bisa lihat seperti dibawah ini
3.Kalau sudah maka selanjutnya adalah ketik B lalu seleksi bagian bawahnya saja lalu tekan E dan Z lalu tarik kebawah sedikit saja buat dibolongkan nanti,terus tekan E dan Z kembali sampai kebawah buat bagian badannya.Kalau sudah,seleksi atau pencet B dan seleksi bagian kecil yang tadi lalu tekan x lalu pilih face dan delete.Contohnya bisa lihat seperti dibawah ini
4.Selanjutnya adalah buat tangan dan kakinya.Pertama buat tangan dahulu yaitu ketik shift+A lalu mesh dan pilih UV sphare.Kalau sudah maka di scale secukupnya dengan cara tekan s lalu geser cursor hingga objeknya terlihat aga kecil.Contohnya bisa lihat seperti dibawah ini
5.Selanjutnya adalah tekan B lalu seleksi dari tengah hingga kebawah lalu tekan z dan tarik kebawah,maka akan tampil seperti dibawah ini
6. Selanjutnya adalah bikin tangan yang disebelahnya dengan cara seleksi semua tangan lalu pilih duplicate object yang berada disebelah kiri toolbar dan tekan Y lalu letakkan disamping badan yang sebelahnya maka akan tampil seperti ini
7.Kalau sudah maka kita buat kakinya dengan cara duplicate object kembali lalu di scale agar besar sedikit dan letakkan dibawah,contohnya bisa lihat seperti dibawah ini
8.Kalau sudah,seleksi semua object dan tekan smooth yang berada disebelah kiri toolbar maka akan tampil seperti dibawah ini
9.Selanjutnya adalah membuat mata,caranya adalah tekan shift+A mesh dan pilih Uvsphare lalu scale,letakkanya dibagian kepala diantara tengah lalu dismooth seperti bagian badan,contohnya bisa lihat seperti dibawah ini
10.Kalau sudah maka selanjutnya adalah membuat antenanya.Caranya adalah seleksi tangan yang mana aja lalu scale dan rotate aga miring,letakkan diatas mata,contohnya bisa lihat dibawah ini
11.Selanjutnya adalah membuat bone di robotnya dengan cara tekan shift+S lalu pilih cursor to center lalu tekan shift+A dan pilih armature dan bone,pada di armature ti toolbar kiri,pilih xray agar terlihat maka akan tampil seperti dibawah ini
12.Selanjutnya adalah pilih edit mode dan tekan kanan di ujung atas bonenya dan pilih e dan z lalu tarik keatas dan e lalu x dan tarik kesamping,kalau sudah maka akan tampil seperti dibawah ini
13.Seleksi satu bone saja dan pilih pose mode,Klick kanan dibagian robot lalu tekan shift dan klick dibone mana saja lalu tekan ctrl+p maka akan tampil seperti dibawah ini
14.Pilih armature deform,Klick armature dibagian toolbar kanan lalu pilin envelope maka akan tampil seperti dibawah ini
15.Kalau sudah maka warnakan robot itu,dengan cara klick material disebelah kanan toolbar dan klick new lalu pilihlah warna yang anda mau maka trarang,akan muncul seperti dibawah ini
Selesai :)
sumber : http://yumanissanadia.blogspot.com/2012/01/tutorial-membuat-modelling-karakter.html
sumber : http://yumanissanadia.blogspot.com/2012/01/tutorial-membuat-modelling-karakter.html
0 komentar:
Posting Komentar