WELCOME TO WWW.BUSINESSIDEAS78.BLOGSPOT.COM

Senin, 12 November 2012

Pengalaman Kuliah (semoga menginspirasi)



Assalamu'alaikum wr.wb
Selamat sore rekan-rekan mahasiswa khususnya bagi mahasiswa baru atau tingkat satu, saat kita telah menyelesaikan studi pada jenjang SMA/SMK/MA, ada banyak pilihan yang dapat kita ambil, seperti kuliah, bekerja ataupun berbisnis. Namun sebagian besar orang lebih memilih kuliah daripada harus bekerja. Karena memang untuk pekerjaan yang lulusan SMA tidaklah banyak dan memiliki gaji yang sedikit. Untuk itu banyak orang yang lebih mengambil kuliah sebagai tujuan setelah lulus SMA. Untuk siswa SMK/MA mungkin sebaliknya, sebagian ada yang mengambil kuliah dan sebagian lagi lebih memilih kerja. Pilihan ada ditangan adik-adik. Jika adik-adik merasa mampu untuk melanjutkan, silakan lanjutkan, tetapi jika tidak jangan dipaksakan.Disini kakak mau berbagi sedikit pengalaman kakak selama kuliah, semoga ini bermanfaat bagi adik-adik. Perkenalan dulu ya, nama kakak Tito Berlian, saat ini sudah di semester 7 menjelang semester 8 alias di tingkat akhir.  Banyak yang akan kakak ceritakan disini, semoga menginspirasi dan bermanfaat bagi kalian semua. aminn
Tingkat 1
Banyak hal baru yang dimulai dari sini, seperti mengenal kultur mahasiswa beserta lingkungan kampus, mahasiswa baru umumnya menjadi incaran dari kakak tingkat, dibeberapa kampus, mahasiswa baru atau disebut maba akan diajak untuk mengikuti kegiatan-kegiatan bersama oleh jurusan atau fakultas. Hati-hati, pada masa inilah kita harus cari tahu terlebih dahulu mengenai acara yang diadakan. Apakah lebih banyak manfaat atau mudharatnya. Namun sebagai mahasiswa baru, segala kegiatan dikampus harus diikuti, karena ini bermanfaat untuk lebih mengenal lingkungan kampus. Namun tidak melupakan perkuliahan, karena kuliah adalah prioritas utama. Ingat tujuan orang tua kita menyekolahkan kita sampai keperguruan tinggi itu apa. Laksanakan kewajiban orang tua untuk kuliah dengan baik dan kalau bisa buat prestasi dikampus atau dengan menunjukkan IPK kita yang  tinggi. Dengan IPK yang tinggi kita bisa mendapatkan kesempatan-kesempatan baru, seperti beasiswa.
Pada tingkat 1 saya mengeksplor segala macam organisasi baik itu internal maupun ekternal kampus. Dari himpunan jurusan TI (HIMTI) saya mengikuti bluecamp, disini saya banyak mengenal mahasiswa TI seluruh Gunadarma bahkan alumninya yang telah bekerja, ukm ROHIS FAJRUL ISLAM, disini saya mengikuti kegiatan pengajian dan dari situ saya merasakan atmosfir yang berbeda pada diri saya yang membuat saya lebih tenang ketika berkumpul bersama rekan-rekan di Fajrul Islam. HMI, disitu saya mempelajari berpikir kritis dan banyak ilmu baru yang saya dapatkan, tidak jauh dari itu saya juga mempelajari banyak hal dari kegiatan diskusi bersama rekan-rekan di LISUMA, selain itu saya mengikuti kegiatan ngoprek yang diadakan KPLI Bogor, disana saya juga mempelajari banyak hal, sempat suatu hari saya menjadi sebagai panitia penyelenggara ILC dan yang terakhir sparing olahraga sekelas, ini adalah hal umum yang mungkin dilakukan sesama rekan dikelas, seperti bermain basket dan badminton. Untuk futsal saya tidak tertarik mengikutinya, entah kenapa mungkin karena saya tidak suka bermain bola kaki.
Tidak hanya itu banyak juga masalah-masalah yang saya buat pada tingkat 1 ini, saya pernah mengikuti kegiatan belajar pada kelas lain. Dan pada tingkat inilah saya mengalami masalah yang benar-benar tidak saya lupakan, yaitu masalah finansial. Yang saya hanya bisa lakukan adalah mencari pekerjaan, saya hanya memiliki skill, itu saja sudah cukup untuk mendapatkan suatu pekerjaan, yang ternyata tidak semudah yang saya bayangkan. beberapa retail, perusahaan kecil/besar seputar kelapa 2 dan margonda telah saya berikan CV yang telah saya buat. Suatu waktu saya dipanggil interview kerja tetapi bentrok dengan jadwal kuliah saya. Bahkan karena interview itu saya lupa bahwa saya ada ujian tengah semester,alhasil nilai kosong.
Pada semester 2 saya mendapatkan informasi mengenai beasiswa dan penerimaan asisten laboratorium, saya pun langsung mengurus syarat-syarat yang diperlukan Alhamdulillah saya mendapatkan keduanya. Selain itu saya juga diterima sebagai pengurus HIMTI pada divisi penelitian dan pengembangan. Jadi buat rekan-rekan carilah info-info tersebut, informasi itu ada tetapi tidak terlalu banyak yang tahu, oleh sebab itu mengenal kakak tingkat atau sering berkunjung ke mading untuk melihat informasi seputar kampus amatlah penting.
Tingkat 2
Tingkat 2 ini saya telah menjadi asisten Lab pada Laboratorium Internet Dasar, dan sebagai anggota pengurus HIMTI. Selain itu Alhamdulillah saya telah mendapatkan beasiswa tersebut, walaupun beasiswa dari luar saya sangat senang mendapatkannya. Untuk mengurus beasiswa ada di loket 8, umumnya kita diwajibkan mengurus surat bahwa kita belum pernah mendapatkan beasiswa, lalu fotokopi KRS, foto serta legalisir IPK, dan bukti informasi mengenai beasiswa tersebut. Untuk legalisir IPK silakan datang keruangan sekjur di D427. Selain sebagai pengurus HIMTI saya juga sebagai pengurus pada UKM Fajrul Islam. Dan saya sempat mengikuti kegiatan PKM, tetapi tidak lolos. hehe
Ketika menjalani sebagai asisten lab, awalnya sangat mendebarkan karena pada sebelumnnya saya belum pernah untuk mengajar. Tetapi lama-lama jadi mulai terbiasa. Karena waktu yang masih bisa saya manajemen, akhirnya saya mencoba mendaftarkan diri pada lab lain, Alhamdulillah hampir diterima. Hehe maksudnya tidak diterima, karena dari pihak asisten yang merekrut telah mengetahui bahwa saya sedang berada pada lab lain. Pada tingkat 2 ini saya banyak mengikuti kegiatan pelatihan dan seminar baik itu diluar maupun didalam kampus, seperti pelatihan jaringan, website dan android. Pada tingkat ini juga saya aktif dalam organisasi, jadi waktu saya cukup padat pada tingkat ini. Pesannya untuk adik-adik, ikutilah seluruh kegiatan yang mungkin dapat kalian ikuti, selagi itu tidak mengganggu waktu kuliah kalian dan yang bernilai positif.
Tingkat 3
Naik ketingkat 3 percaya tidak percaya saya didaftarkan oleh teman untuk menjadi ketua himpunan TI, Alhamdulillah saya banyak dipilih. Inilah hari-hari yang terberat dalam perkuliahan saya yang pernah saya alami, karena harus membagi waktu super ektra. Bayangkan saja saya mempunyai tanggung jawab bekerja pada Laboratorium, saya juga bertanggungjawab untuk kuliah dan praktikum serta project pada praktikum tersebut, jangan sampai nilai IPK saya turun, karena itu akan berbahaya pada beasiswa yang saya dapatkan. Ditambah dengan penulisan ilmiah dan kerja praktik yang saya ambil. Dan masih harus mengurus organisasi. Semua itu membuat saya keteteran dan harus memilih untuk mengorbankan sesuatu. Apa saja yang saya korbankan ? kuliah dan pacar. Untuk kuliah memang bila kita memiliki tanggungjawab disebuah tempat, seperti bekerja ataupun menjadi pimpinan suatu organisasi, demi kelancaran itu kuliah saya jarang masuk, tetapi sebisa mungkin untuk masuk, apalagi yang namanya praktikum. Untuk pacar saya putuskan karena memang tidak perlu. Tetapi saat masuk semester kedua saya menemukan seorang kekasih yang benar-benar saya cintai. Dan saya mulai sedikit mengurangi kegiatan saya diorganisasi. Itulah yang membuat saya bisa mengambil kerja praktik, menyelesaikan penulisan ilmiah serta project dari laboratorium.
Pesan untuk rekan-rekan, ketika kesibukan sudah seperti itu, akan ada 1 atau lebih yang harus dikorbankan. Tapi rekan-rekan harus jaga kesehatan, karena ini sangat penting untuk menunjang aktivitas rekan-rekan yang sangat padat.
Tingkat 4
Ini adalah tingkat terakhir, dimana saya masih berada pada semester 7. Disini adalah masa-masa yang paling menentukan. Jika kita tidak serius kita akan menyesal. Kenapa ? karena disinilah kita harus menentukan segala hal yang harus kita lakukan kedepan. Sudah bukan masanya lagi untuk main-main. Disini kita harus menentukan apakah akan skripsi atau kompre untuk kelulusan kita. Saya InsyaAllah akan mengambil jalur skripsi, dikarenakan IPK saya kurang dari 3,3 (maklum banyak kegiatan eksternal kampus, hehe ngeles) jadi menurut beberapa sumber, dengan IPK yang kurang dari 3,3 tidak mendapatkan SK untuk mengerjakan Skripsi. IPK murni ya, bukan hasil UM. Oleh karena itu saya harus mengajukan proposal untuk membuat skripsi tersebut. Saya berencana untuk mengambil tema tentang jaringan wimax. Semoga disetujui dan saya dimudahkan oleh ALLAH SWT dalam mendapatkan datanya, karena untuk mengambil data tersebut saya harus Magang disebuah perusahaan yang menyediakan layanan wimax tersebut.
Untuk disemester 8 belum ada ceritanya, nanti dilanjutkan kembali. Sekian pengalaman saya selama kuliah di Teknik Informatika Universitas Gunadarma. Semoga cerita ini menginspirasi adik-adik. Wassalam

0 komentar:

Posting Komentar

 

Business Ideas © 2011 Designed HIMTI-GUNADARMA Supported by HIMTI